BERSIAP MENJEMPUT KEMENANGAN DI PEMILU 2014

Sabtu, 19 Juli 2008

PILKADA JATIM : LSN Prediksi KarSa Kuasai Jatim

LSN Prediksi KarSa Kuasai Jatim

INILAH.COM, Jakarta — LSN (Lembaga Survei Nasional) memperkirakan pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) unggul atas lawan-lawannya dalam Pilgub Jawa Timur 23 Juli mendatang. Bahkan, lembaga ini memperkirakan KarSa akan menang hanya dalam satu putaran.

Berdasarkan hasil survei LSN-SSC, jika Pilgub digelar hari ini, 28,3% publik mengaku akan memilih KarSa. Di tempat kedua, Soenarjo/Ali Maschan Moesa (Salam) yang dipilih oleh 16.4%, disusul Khofifah Indar Parawansa/Mudjiono atau Ka-Ji (13,4%),

Sementara pasangan Soetjipto/Ridwan Hisjam atau S-R (11,9%), dan Achmady/Suhartono atau Achsan (4.5%). Sementara 25,6% publik mengaku belum bisa memutuskan, tidak tahu, dan rahasia (swing voters).

”Dengan hasil survei seperti tersebut di atas, KarSa diperkirakan akan memenangkan

Pilgub Jatim dalam satu putaran saja, dengan perolehan suara pada kisaran angka 34.58% sampai 41.38%,” kata Umar S Bakry, Direktur LSN, dalam siaran pers yang diterima INILAH.COM, Kamis (17/7) di Jakarta.

Namun, prediksi LSN bahwa Pilgub Jatim akan berlangsung satu putaran, berbeda dengan pendapat kebanyakan pengamat politik di Jatim yang memperkirakan Pilgub akan berlangsung dua putaran.

Para pengamat di Jatim setuju, KarSa memang akan memenangkan putaran pertama, namun dengan perolehan suara kurang dari 30%. Sedangkan Ka-Ji yang popularitasnya meroket dalam tiga pekan terakhir diperkirakan akan menjadi penantang KarSa di putaran kedua.

Prediksi LSN tersebut didasarkan atas hasil survei terbaru yang mereka laksanakan

1-8 Juli 2008 bekerjasama dengan Surabaya Survey Centre (SSC). Survei dilakukan di 38 kabupaten/kota di Jatim dengan mengambil sampel 831 orang secara multistage random sampling. Tingkat kepercayaan survei ini adalah 95% dan margin of error 3.4%. [R2]