BERSIAP MENJEMPUT KEMENANGAN DI PEMILU 2014

Selasa, 08 Juli 2008

PILKADA KAB JOMBANG : Mulai Kampanye

Pasangan Calon Mulai Gerilya

Monday, 07 July 2008

JOMBANG(SINDO) – Tiga pasangan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Jombang mulai bergerilya di hari kedua kampanye kemarin.


Selain menggelar panggung terbuka, mereka juga bergerilya dari rumah ke rumah untuk mendulang dukungan. Seperti yang dilakukan pasangan Nyono Suharli-Halim Iskandar (Nyono-Halim). Sejak pagi pasangan yang diusung koalisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golkar (PG), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu memanfaatkan masa kampanye dengan menggelar road show.

Nyono memilih untuk melakukan road show di sejumlah desa di Kecamatan Diwek, sedangkan Halim Iskandar bergerilya ke rumah warga di Kecamatan Jombang. Perjalanan gerilya pasangan ini berakhir di lapangan Desa Watugaluh,Kecamatan Diwek. Di sini mereka menggelar panggung gembira yang dihadiri sekitar 1.000 massa pendukungnya.

Dua massa konvoi Nyono dan Halim bertemu di lokasi ini untuk mendengarkan orasi politik dari pasangan calon dengan nomor urut satu itu. Di atas panggung, Nyono kembali memberikan janjijanjinya kepada massa pendukungnya. Ia berjanji akan meningkatkan taraf hidup masyarakat jika terpilih menjadi Bupati Jombang periode 2008–2013 nanti. ”Kalau saya jadi bupati, kesejahteraan masyarakat akan kami perhatikan.

Saya tahu betul apa yang menjadi keluhan masyarakat selama ini,”janji Nyono. Halim Iskandar yang juga mantan Ketua DPRD Jombang itu tak mau kalah.Adik kandung Muhaimin Iskandar itu bahkan sempat memanggil salah satu peserta kampanye untuk meraih simpati.Halim menanyakan keluhan masyarakat, terutama para petani. ”Pupuk pasti sulit didapat dan masalah ini kerap kali muncul. Kalau kami terpilih nanti,masalah ini tak akan muncul lagi,” janji Halim.

Dia bahkan sempat menjanjikan akan membangun pabrik gula (PG) baru di Jombang,menyusul rendahnya rendemen tebu diduaPGyangada,sepertiyang dikeluhkan petani. ”Kami akan bangun PG baru karena kami ingin rendemen tebu petani tinggi,”janjinya lagi. Sementara pasangan Suyanto- Widjono Soeparno (ToNo) secara terpisah berkeliling di sejumlah desa di Kecamatan Bareng dan Wonosalam yang menjadi basis Suyanto.

Puncak kampanye pasangan yang diusung PDIP itu di lapangan Desa Tebel, Kecamatan Bareng, dengan menggelar panggung terbuka. Mereka juga mengumbar janji, salah satunya perbaikan menyeluruh terhadap sejumlah program yang dijalankan dalam kurun waktu lima tahun lalu.

”Kami akan teruskan program yang telah kami lakukan. Karena pernah menjabat sebagai bupati, saya tahu apa yang harus dilakukan untuk Jombang yang lebih baik,”ujar Suyanto. Dalam kesempatan itu Widjono juga sempat mempromosikan ketokohan Suyanto saat menjabat sebagai bupati periode 2003-2008 lalu.

Berbekal jabatan Sekretaris Daerah (Sekdakab) yang pernah ia duduki, ia menjamin jika Suyanto layak untuk dipilih kembali menjadi orang nomor satu di Jombang dalam pilkada, Rabu (23/7) nanti.”Saya paling tahu beliau dan saya mau digandeng karena Yanto memiliki komitmen terhadap wong cilik,”ujar Widjono,adik kandung Gubernur Jawa Timur Imam Utomo itu.

Sementara itu, pasangan Soeharto-Mudjib Mustain (Harum) lebih memilih untuk melakukan road show di wilayah utara Jombang,tanpa menggelar panggung terbuka. Sedikitnya lima mobil tim sukses mengiringi perjalanan Harum melintasi sejumlah jalur utama di enam kecamatan, yakni Kecamatan Tembelang, Ploso,Ngusikan,Kabuh, Plandaan,dan Megaluh.

Berbekal pengeras suara, Harum mengajak warga untuk mendukungnya. Kampanye model ini dilakukan Harum hingga berakhir di Kecamatan Jombang Kota. (tritus julan)