BERSIAP MENJEMPUT KEMENANGAN DI PEMILU 2014

Rabu, 22 April 2009

PKS Bangkalan Rebut 1 Kursi DPRD Kab Bangkalan

Partai Baru Jadi "Bintang"
Kursi PKB, PPP, PDIP, Golkar Turun

BANGKALAN-Peta kekuatan politik di Bangkalan pada Pemilu Legislatif (2009) mengalami perubahan. Dari 29 partai politik (parpol) peserta pileg, 15 parpol berhasil merebut 45 kursi di gedung dewan.

Dilihat dari perolehan kursi, PKB memang masih yang terbanyak dengan 10 kursi. Tapi jika dibanding Pileg 2004, pada pileg kali ini PKB berkurang 14 kursi. Sementara yang bikin kejutan adalah PKNU, Partai Hanura, PAN, PNBK, dan Partai RepublikaN.

Berdasarkan hasil rekapitulasi manual tingkat kabupaten yang digelar KPUD Bangkalan yang berakhir Selasa (21/4) dini hari, PKB meloloskan 10 kadernya ke gedung dewan. Partai nomor urut 13 ini mampu unggul di dapil III dengan meraih tiga kursi dan dapil VI dengan dua kursi. Sedangkan di dapil I, II, IV, dan V hanya mampu meraih masing-masing satu kursi.

Perolehan 10 kursi ini tentu jauh menurun dibanding hasil Pemilu 2004 lalu. Saat itu PKB tampil sebagai mayoritas dengan meraih 24 kursi DPRD Bangkalan.

Setelah PKB, PPP dan PKNU menyusul dengan meraih masing-masing lima kursi. Bagi PPP, jumlah kursi saat ini juga menurun dibanding Pemilu 2004 lalu yang mendapat tujuh kursi.

Turunnya perolehan kursi juga dialami PDIP. Pada Pileg 2004 lalu PDIP meraih empat kursi, tapi kali ini mampu mendapatkan dua kursi.

Beda dengan PKNU yang baru kali pertama ikut pileg. Partai baru ini merebut lima kursi. "Kami sangat bersyukur partai kami mendapatkan tempat dan meraih lima kursi ini," ujar Imam Buchori Kholil, ketua dewan syuro DPC PKNU Bangkalan.

Partai lain yang menjadi "bintang" pada pileg kali ini adalah PBR dengan tiga kursi. Periode sebelumnya PBR dapat satu kursi. Yang mengejutkan PAN, dari nol kursi (2004) kali ini bisa merebut tiga kursi.

Partai baru yang juga menjadi "bintang" adalah Hanura dengan mendudukkan tiga kadernya di kursi dewan. PNBK dan RepublikaN juga bikin kejutan dengan masing-masing merebut dua kursi.

Partai yang mendapat tambahan kursi dibanding Pemilu 2004 tercatat Partai Demokrat dan PPD. Kali ini Demokrat mampu meraih jatah empat kursi. Pada pemilu sebelumnya hanya tiga kursi. Demokrat meraih kursi dari dapil I, II, III, dan IV.

Sedangkan PPD mampu menambah kursi dari satu menjadi dua kursi. Sisa kursi lainnya direbut Golkar, Gerindra, PDP, dan PKS masing-masing satu kursi. Pada 2004 lalu Golkar merebut dua kursi di DPRD Bangkalan.

Jawa Pos, Rabu, 22 April 2009