BERSIAP MENJEMPUT KEMENANGAN DI PEMILU 2014

Kamis, 23 April 2009

PKS BONDOWOSO REBUT 5 KURSI DPRD BONDOWOSO

PKNU Terbanyak Raih Kursi
PKS dan Demokrat Meningkat, PKB Turun Drastis

BONDOWOSO - Tahapan penghitungan perolehan suara DPR RI, DPRD Jatim, dan DPRD Bondowoso hasil Pileg 2009 oleh 23 PPK dilakukan mulai Sabtu (11/4) lalu hingga 15 April mendatang. Namun, sejak kemarin sudah berhembus kabar parpol-parpol yang bakal meraih kursi di DPRD Kabupaten Bondowoso untuk masa bhakti 2009-2014.

Kabar tersebut juga menyebutkan, tidak hanya parpol lama yang tetap mendapatkan kursi. Namun, ada juga parpol baru menempatkan calegnya di kursi DPRD Bondowoso. Bahkan, sejumlah parpol lama, ada yang jumlah kursinya menurun dan ada pula yang jumlahnya meningkat. Selain itu, ada parpol baru yang meraih kursi banyak dan mendapatkan kursi sedikit

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) misalnya, berdasarkan hasil penghitungan cepat sementara tim PKS Bondowoso, tim PKNU Bondowoso, dan pengumpulan data berbagai sumber yangh diolah Erje menyebutkan, PKS dalam Pileg 2009 meraih peningkatan kursi cukup menakjubkan.

Jika pada Pemilu 2004 meraih 1 kursi, maka pada Pileg 2009 meningkat menjadi 5 kursi. "Lima kursi ini sesuai target PKS dan kami raih di setiap dapil dari lima dapil di Bondowoso. Ini hitungan real PKS dan kami yakin tidak akan berbeda dengan hitungan manual KPU nanti," kata H. Haris Humaidi Ketua DPD PKS Bondowoso kemarin.

Raihan kursi DPRD Bondowoso dalam Pileg 2009 yang sangat luar biasa ditunjukkan PKNU (Partai Kebangkitan Nasional Ulama). Parpol baru peserta Pileg 2009 yang mengandalkan para caleg eksodus dari PKB, meraih 12 kursi. Jumlah kursi ini didapat dari Dapil I (2 kursi), Dapil II (3 kursi) , Dapil III (2 kursi), Dapil IV (2 kursi), dan Dapil V (3 kursi).

Bahkan, jumlah 12 kursi milik PKNU, paling banyak dibandingkan parpol lain yang meraih kursi DPRD Bondowoso. Sebab, berdasarkan penghitungan tim PKS, tim PKNU, dan data berbagai sumber yang diolah Erje, parpol-parpol besar seperti PKB, PDIP, PPP, dan Golkar meraih kursi lebih rendah dibandingkan Pemilu 2004. Mengingat, dalam Pemilu 2004, PKB meraih 23 kursi kini anjlok 6 kursi, Golkar 7 sekarang 4 kursi, PDIP 6 kursi menjadi 5 kursi, dan PPP 6 kursi turun menjadi 5 kursi. "Jadi dari data penghitungan suara itu, PKNU adalah parpol pemenang Pileg 2009," kata H. Ahmad Dhafir Ketua Bappilu PKNU Bondowoso yang pada Pemilu 2004 caleg PKB.

Parpol lama yang kursinya meningkat dalam Pileg 2009 adalah Partai Demokrat. Jika Pemilu 2004 meraih 1 kursi, kini naik menjadi 3 kursi. Sedangkan PKPB tidak mengalami perubahan yakni tetap meraih 1 kursi. Parpol baru yang akan menempatkan 1 kursi di DPRD Bondowoso adalah PAN, Hanura, Barnas, dan PPRN.

Kabar perolehan kursi di DPRD Bondowoso pada Pileg 2009 tersebut, ditanggapi positif oleh H. Supatno Ketua DPC Partai Demokrat Bondowoso. Supatno, mengatakan meskipun kepastian perolehan kursi ditetapkan KPU, namun prediksi Demokrat memperoleh 3 kursi sudah cukup bagus. Sebab, dengan peningkatan jumlah kursi, sudah menunjukkan visi dan misi Demokrat diterima masyarakat Bondowoso. "Jumlah itu memang belum final. Tapi, prediksi mendapat 3 kursi bagi Demokrat Bondowoso sudah bagus," katanya.

Sementara itu, Nimanto Sekretaris DPD Partai Golkar Bondowoso belum bersedia mengomentari kabar perolehan kursi parpol-parpol yang sudah mencuat kuat di masyarakat. Dia mengaku, pihaknya masih menunggu penetapan KPU tentang hasil penghitungan manual suara caleg parpol yang meraih kursi di DPRD Bondowoso. "Untuk jumlah kursi yang diraih Golkar, kami menunggu penghitungan manual dari KPU," ungkapnya. (ido)]

Jawapos, Senin, 13 April 2009