BERSIAP MENJEMPUT KEMENANGAN DI PEMILU 2014

Rabu, 22 April 2009

PKS TRENGGALEK DAPAT KURSI 5 DPRD TRENGGALEK

PKS Naik, Golkar Turun,
Radar TulungAgung, Selasa, 14 April 2009

Perkiraan Perolehan Kursi DPRD Trenggalek

TRENGGALEK – Dominasi partai besar bakal mewarnai perolehan kursi DPRD Trenggalek pariode 2009-2014. Meski dari partai besar juga kehilangan banyak kursi. Misalnya PDIP yang saat ini meraih 13 kursi, diperkirakan hanya tinggal delapan kursi. Begitu juga PKB yang kini memiliki 14 kursi, diperkirakan hanya merebut delapan kursi saja.
Yang panen besar adalah PKS. Par­pol berslogan bersih dan profesional itu sebelumnya hanya mendapat satu kursi. Untuk periode mendatang di­perkirakan bisa mencapai lima kursi. Sedangkan Partai Demokrat yang sebelumnya mendudukkan tiga kader di gedung dewan, diperkirakan juga mendapatkan enam kursi.
Semua perkiraan tersebut disampaikan masing-masing ketua partai dengan mengacu hasil penghitungan saksi .

Ketua DPC PKB Trenggalek Kholiq menjelaskan, delapan kursi tersebut antara lain di dapil satu diraih Samsul Anam. Dapil dua mendapat dua kursi. Suara tertinggi didapatkan Sukarudin dan Siti Mukiyarti
Caleg yang masih punya peluang adalah pendatang baru bernama Nursalim.
Berikutnya di dapil tiga, diper­kirakan dua kursi. Yaitu Kholiq sendiri dan Ambar Mua’lif asal Watulimo. Serta di dapil empat ada wajah baru, Suparmin Sujono dan Agus Winarto. “Kita masih menung­gu sisa suara. Kalau memung­kinkan masih bisa mencapai sembilan kursi,” ujar Kholiq.

Berkurangnya kursi bagi PKB, dinilai Kholiq, dikarenakan perubahan sistem pemilihan dari pemilu sebelumnya. Dia juga mensinyalir keberhasilan didapatkan bagi para caleg yang mempunyai dana besar. “Ini seperti pilkades masal. Kenyatanya tidak bisa dipungkiri orang tidak memandang partai, tapi siapa yang punya duit banyak yang menang,” kata Kholiq.

Partai yang diperkirakan kehilangan kursi adalah Partai Golkar. Partai berlambang pohon beringin saat ini mendapatkan tujuh. Untuk periode mendatang memperkirakan mendapat lima kursi. Ini antra lain di dapil satu ada nama Arik Sri Wahyuni dan Riya Choiiyah. Di dapil dua ada nama Sunarkun, dapil tiga Miklasiati, dan dapil empat Sukono.

Bagi Partai Demokrat (PD), enam kursi hampir pasti diraih. Di dapil satu, hanya satu kursi diperkirakan untuk Sugino. Di dapil dua, diharapkan dua kursi untuk Lamuji dan Herlin Winarti. Di dapil tiga satu kursi untuk Suyatno, dan dapil empat dua kursi bagi Mugianto dan Mangun.

Partai Amanat Nasional (PAN) diperkirakan mendapatkan empat kursi. Ketua DPD PAN Ahmad Djauzi Turseno mengatakan, tiap dapil diperkirakan satu kursi.“Untuk nama yang bakal duduk di dewan, masih menunggu penghitungan,” ucap Jauzi.”(tin)