BERSIAP MENJEMPUT KEMENANGAN DI PEMILU 2014

Rabu, 22 April 2009

PKS PAMEKASAN RAIH 1 KURSI DPRD PAMEKASAN

Pamekasan (ANTARA News) - Estimasi perolehan kursi Partai Demokrat di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, dari hasil perolehan suara pada Pemilu 2009 untuk DPRD Kabupaten diperkirakan naik hingga 200 persen.

Hasil penghitungan sementara internal Partai Demokrat, diperkirakan akan meraih sebanyak enam kursi untuk DPRD kabupaten, dibanding hasil perolehan pada Pemilu 2004 yang hanya dua kursi.

"Saat ini kami hampir merata mendapat suara di semua daerah pemilihan, kecuali Pamekasan kota," kata caleg Partai Demokrat, Khairul Kalam, Minggu siang.

Pada Pemilu 2004, partai yang didirikan Susilo Bambang Yudhoyono ini hanya memiliki perwakilan di DPRD Kabupaten Pamekasan di dua daerah pemilihan (dapil).

Yakni di dapil 1 yang meliputi Kecamatan Kota Pamekasan dan Kecamatan Tlanakan, serta di dapil 3 yang meliputi Kecamatan Galis, Pademawu dan Kecamatan Larangan.

Menurut Khiarul Kalam, dari 5 dapil yang ada di Pamekasan hanya 1 dapil yang tidak memiliki perwakilan, yakni dapil 4 yang meliputi Kecamatan Kadur, Palengaan dan Kecamatan Pakong.

Sebaliknya, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) justeru turun dibanding hasil perolehan suara pada Pemilu 2004.

Estimasi internal parpol ataupun sejumlah tim sukses partai di Pamekasan menyatakan, pada pemilu kali ini, PPP diperkirakan hanya meraih 8 kursi DPRD kabupaten dibanding Pemilu 2004 sebanyak 18 kursi. Sedangkan PKB hanya 6 kursi, atau turun 5 kursi dibanding pemilu 2004.

Demikian juga dengan Partai Patriot. Pada Pemilu 2004 lalu, masih mampu meraih satu kursi di DPRD Kabupaten Pamekasan. Tapi pada pemilu kali ini, diperkirakan tidak akan meraih kursi sama sekali.

"Padahal, kami sudah berupaya maksimal untuk meraih dukungan massa," kata fungsionaris Partai Patriot, Achmad Tatang.

Sebagaimana PD, sejumlah partai lain juga mengalami peningkatan dukungan suara yang cukup signifikan. Seperti Partai Golkar, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS)serta Partai Bintang Reformasi (PBR).

Diperkirakan partai pimpinan Jusuf Kalla ini akan mampu meraih dukungan hingga 5 kursi untuk DPRD Kabupaten Pamekasan atau meningkat 2 kursi dibanding Pemilu 2004. Sebab pada Pemilu 2004 lalu, Golkar hanya memiliki wakil 3 kursi di 3 daerah pemilihan, yakni dapil 1, 2 dan dapil 3.

PDIP naik dari 1 kursi menjadi 2 kursi. Demikian juga dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Pada Pemilu 2004 partai pimpinan Tifatul Sembiring ini tidak memiliki perwakilan sama sekali di DPRD Kabupaten Pamekasan. Tapi pada Pemilu 2009 diprediksi meraih 1 kursi di daerah pemilihan (dapil) 1.

Sementara PBR diprediksi akan meraih 4 kursi. Padahal partai pimpinan Bursah Sarnubi ini pada Pemilu 2004 tidak meraih kursi sama sekali.

"Soalnya kami kan mendapat dukungan penuh dari salah satu pondok pesantren besar di Pamekasan yang memiliki basis dukungan massa banyak di wilayah utara Pamekasan," kata caleg PBR di dapil 5 Pamekasan yang meliputi Kecamatan Batumarmar, Pasean dan Kecamatan Waru, Munaji.

Partai pendatang baru yang juga dipredikasi akan meraih kursi banyak di DPRD Kabupaten Pamekasan ialah Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU).

Partai yang dimotori Prabowo Subianto ini, diperkirakan akan bisa memiliki perwakilan di DPRD Kabupaten Pamekasan hingga 2 kursi. Sedang PKNU sebanyak 3 kursi.

Tunggu rekapitulasi

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan, Imadoeddin menyatakan, pihaknya belum bisa memastikan hasil perolehan kursi di DPRD Pamekasan, sebagaimana diperkirakan parpol peserta pemilu tersebut.

Sebab, menurut dia, yang akan menjadi acuan penetapan calon legislator (caleg) menjadi anggota dewan, berdasarkan hasil perhitungan manual KPU. Sementara di Pamekasan, rekapitulasi manual perolehan suara dari masing-masing panitia pemilihan kecamatan (PPK) masih digelar hingga Minggu ini.

"Boleh saja internal partai memperkirakan hasil perolehan suara, kaitannya dengan kursi yang akan diperoleh di DPRD Pamekasan. Tapi itu kan hanya sebagai acuan pembanding," katanya.

KPU, kata dia, tetap menunggu hasil rekapitulasi manual perolehan suara, sesuai ketentuan yang telah ditetapkan KPU pusat.

Sementara alokasi jumlah kursi di DPRD Kabupaten Pamekasan 45 kursi, diperebutkan caleg sebanyak 663 orang dari 31 partai politik peserta pemilu yang ada di wilayah tersebut.(*)