BERSIAP MENJEMPUT KEMENANGAN DI PEMILU 2014

Jumat, 24 April 2009

PKS DAPIL VIII RAIH 1 KURSI DPRD JATIM

SURABAYA - Sistem baru dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2009 tampaknya berimbas pada munculnya nama baru di DPRD Jatim. Itu terjadi pada hasil rekapitulasi dapil 8 yang meliputi wilayah Jombang, Nganjuk, Madiun, dan Mojokerto. Dari sebelas kursi di dapil tersebut, mayoritas pengisi kursi di DPRD Jatim merupakah wajah baru.

Perhitungan di dapil 8 KPUD Jatim selesai pertama kali. Partai Demokrat menjadi pemenang dengan 387.589 suara. Posisi kedua ditempati PDIP dengan 328.856 suara. Posisi ketiga dan keempat ditempati PKB (210.790 suara) dan Partai Golkar (196.391 suara).

Keempat partai itu otomatis berhasil meloloskan calonnya ke gedung dewan. Sebab, angka perolehan di dapil 8 melebihi BPP (bilangan pembagi pemilih), yakni 173.105.

Di dapil 8, ada 1.904.153 suara sah yang masuk ke KPUD Jatim. Suara tidak sah mencapai 551.588 suara. BPP diperoleh dari hasil pembagian antara suara sah dan jatah sebelas kursi di dapil 8. ''Dapil 8 memang sudah selesai menghitung. Namun, kami tidak sampai menganalisa siapa yang lolos untuk kursi DPRD Jatim,'' kata anggota KPUD Jatim, Nadjib Hamid.

Melihat data tabulasi, tergambar dengan jelas siapa yang bakal duduk di DPRD Jatim dari dapil tersebut. Misalnya, Partai Demokrat dipastikan mengirim dua wakil ke DPRD Jatim. Yakni, Parata Situmpol dan Suhartin. Sebab, total angka keduanya berada di peringkat pertama dan kedua.

PDIP juga hampir dipastikan mendapat dua kursi di DPRD Jatim. Dua kursi itu bakal ditempati Bambang Harianto dan M. Sochib. PKB yang melewati BPP mendapat jatah kursi lebih sedikit. Partai bernomor 13 tersebut dipastikan memperoleh satu kursi yang akan diisi Abdul Halim Iskandar. Kakak kandung Ketua Umum DPP PKB Muahimin Iskandar itu berada di peringat pertama di partainya. Jatah satu kursi milik Golkar kemungkinan besar akan ditempati M. Muhtar.

Lalu, siapa nama lain yang lolos ke gedung dewan? Berdasar hasil perolehan suara di KPUD Jatim, nama anggota DPRD Jatim lainnya akan diisi partai yang perolehan suaranya mendekati BPP. Yakni, PAN, PKS, Gerindra, PPP, dan Hanura.

PAN, misalnya. Partai berlambang matahari itu memperoleh 101.867 suara. Peringkat pertama di partai tersebut kemungkinan melenggang ke gedung dewan. Posisi pertama di PAN ditempati Ana Lutfhie yang merupakan adik kandung Anas Urbaningrum.

PKS berhasil mengoleksi 98.653 suara. Di dapil 8, PKS bertengger di posisi enam di bawah PAN. Peringkat pertama PKS ditempati caleg bernama Yusuf Rohana. Dia merupakan ketua pemenangan pemilu PKS untuk wilayah Jatim.

Gerindra juga mengirimkan satu wakil ke DPRD Jatim. Partai bernomor urut 5 tersebut mendapat 90.262 suara. Caleg Gerindra yang berada di posisi pertama adalah Erwin Budiono.

Dua kursi lain hampir bisa dipastikan akan diisi wakil PPP dan Hanura. PPP yang mendapat 76.281 suara akan diwakili Munjidah Wahab. Hanura yang memperoleh 68.481 suara akan mengirimkan Kuswanto ke DPRD Jatim. (fid/zen)

jawapos, 25 April 2009