BERSIAP MENJEMPUT KEMENANGAN DI PEMILU 2014

Rabu, 22 April 2009

PKS SAMPANG RAIH 1 KURSI DPRD SAMPANG

KONSTELASI DPRD - Dominasi Partai Besar Tergeser

SAMPANG- Sistem pemilihan dengan mengunakan suara terbanyak dalam Pemilu legislatif 2009, mengeser dominasi partai besar pada Pemilu 2004. Sejumlah caleg yang diusuk partai baru telah meraih kursi di DPRD Sampang, yang cukup siginifikan.

Dari hasil rekapitulasi yang diselesiakan KPUD Sampang untuk 14 kecamatan di Balai Pertemuan Umum (BPU) menunjukan perolehan suara partai besar, seperti PKB telah mengalami penurunan drastis. Jika Pemilu lalu, PKB meraih 19 kursi di DPRD, kali ini diperkirakan hanya meraup 11 kursi. Sedangkan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) semula 17 kursi, merosot menjadi 6 kursi.

Sebaliknya, sejumlah partai sedang dan baru berhasil merebut perolehan suara yang signifikan. Di antaranya Partai Demokrat, PKS, Partai Bulan Bintang (PBB) dan beberapa partai baru, seperti Gerindra, dipastikan raihan kursi di DPRD telah meningkat.. Komposisi tersebut tentu akan berdampak terhadap jalannya roda pemerintahan dan dunia politik di Kab. Sampang.

Ketua DPC Partai Demokrat Sampang, H Haryono Abdul Bari, menegaskan, perubahan politik itu akan membawa konsekuensi sistem pemerintahan di birokrasi dan legislatif. Mengingat begitu beragamnya anggota partai yang menduduki kursi dewan, akan berdampak terhadap semua kebijakan pemerintahan ke depan.

“Kita berharap dengan komposisi anggota dewan yang sudah tidak didominasi oleh partai besar, akan benar-benar menjadi fungsi kontrol bagi eksekutif. Artinya aspirasi masyarakat bisa disalurkan melalui wakilnya yang duduk di legislatif, sehingga proses demokrasi dan jalannya pemerintahan dapat berjalan sesuai dengan jalurnya,” tegas Haryono. rud

Surabayapost, Sabtu, 18 April 2009 | 20:26 WIB