BERSIAP MENJEMPUT KEMENANGAN DI PEMILU 2014

Senin, 12 Mei 2008

PAN TOLAK PKS DUKUNG SOEKARWO

PAN Tak Akui Koalisi PKS

SURABAYA (SINDO) – Kekuatan pendukung calon gubernur Jatim Soekarwo-Saifullah Yusuf tampaknya belum bulat. Selain dibayangi pecahnya Partai Demokrat (PD) Jawa Timur, bergabungnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pun terus digoyang.

Bahkan salah satu partai pengusung Soekarwo,Partai Amanat Nasional (PAN), terang- terangan tak mengakui PKS sebagai partner koalisi. PAN hanya menilai,PKS sebagai elemen masyarakat yang mendukung Soekarwo.’’Hingga saat ini, partai pengusung Soekarwo hanya PD dan PAN,’’ ungkap fungsionaris DPW PAN Jawa Timur Ahmad Ruba’i kemarin. Ruba’i menjelaskan, prinsip bergabungnya PAN dan PD sebagai pengusung Soekarwo telah memenuhi syarat minimal pencalonan.

Karena itu, bergabungnya partai lain tidak banyak memberikan pengaruh bagi eksistensi pasangan ini. Kendati demikian, kata Ruba’i,Tim Pemenangan Soekarwo tetap menerima dukungan dari semua elemen masyarakat, termasuk dukungan dari PKS.Hanya, dukungan itu tidak boleh dibarengi dengan persyaratanpersyaratan khusus sebagai bentuk kompensasi. ’’Kami tetap menerima dukungan dari semua pihak. Karena semakin besar dukungan untuk Soekarwo, maka semakin besar peluang calon kami memenangkan perebutan kursi gubernur,’’ ujarnya.

Ruba’i menilai, dukungan PKS kepada Soekarwo lebih didasari figur Soekarwo dan Saifullah Yusuf. Sebagai partai yang mempunyai jargon bersih dan peduli, PKS layak mendukung Soekarwo karena dua orang tersebut merupakan figur yang bersih dan mempunyai kompetensi tinggi dalam memimpin Jawa Timur. Saat disinggung apakah sudah pernah melakukan koordinasi dengan PKS, Ruba’i tidak langsung menjawab. Dia berdalih bahwa yang terlibat penuh dalam pemenangan Soekarwo adalah PAN dan PD.

’’Tim inti pemenangan Soekarwo tetap PAN dan PD,’’ ujarnya. Untuk target suara, lanjut Ruba’i, pihaknya tidak mau memberikan patokan. Hanya, Tim Pemenangan Soekarwo akan bekerja keras menarik simpati warga Jawa Timur sehingga mampu meraih suara yang optimal. ’’Target kami meraih simpati. Tidak ada target suara maksimal atau minimal, yang penting bisa mendapat suara sebanyak- banyaknya,’’ ujarnya. Menanggapi hal ini,Ketua DPW PKS Ja’far Tri Kuswahyono mengaku tidak ada permasalahan yang cukup prinsip dengan PAN.

Selama ini, kata dia,komunikasi yang terjadi dari kedua partai terjalin dengan baik. ’’Tidak ada apaapa, selama komunikasi terjalin dengan baik,’’ bantahnya. Sedangkan Pemprov Jatim bertekad menyukseskan gelaran Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2008. Tak sekadar sosialisasi,Pemprov juga meliburkan semua instansi, baik pemerintah maupun swasta,saat hari pencoblosan 23 Juli mendatang. (lukman hakim)

ARSIP NASKAH