BERSIAP MENJEMPUT KEMENANGAN DI PEMILU 2014

Rabu, 14 Mei 2008

Pilkada Kab Pasuruan : Kejujuran Pasangan Usungan PKS

Duet Dade- Eddy Siap Diperiksa Jaksa
Wednesday, 14 May 2008

PASURUAN (SINDO) – Cabup Dade Angga dan wakilnya Eddy Paripurna menebar sensasi politik dalam putaran kampanye terakhirnya kemarin.

Tengok saja dengan aksinya yang menyerahkan surat pernyataan anti-Korupsi,Kolusi, dan Nepotisme (KKN) ke Kejaksaan Negeri Pasuruan kemarin.Apalagi, kedatangan pasangan nomor urut dua yang diusung PDIP dan aliansi 10 partai ini ke Kejari diantar ribuan massa pendukungnya.

Selembar surat berme-terai Rp6.000 yang dibubuhi tanda tangan Dade- Eddy menjadi kontrak politik keduanya untuk tidak menjalankan praktik KKN selama menjabat. ”Surat pernyataan berisi janji politik ini akan saya lakukan jika terpilih sebagai Bupati Pasuruan periode 2008–2013,” ucap Dade yang juga mantan Bupati Pasuruan periode 1998–2003 ini kepada KasiPidanaUmumKejaksaan Negeri Pasuruan Sucipto SH.

Simbolisasi penyerahan surat pernyataan berisi kontrak politik pasangan DaDi ini sedianya diberikan langsung kepada Kepala Kejaksaan Negeri Pasuruan Ady Sutanto SH MH.Namun karena yang bersangkutan sedang tugas luar kota,prosesi penerimaan surat pernyataan kontrak politik pasangan DaDi akhirnya diwakilkan ke Kasi Pidum Kejari Pasuruan Sucipto.

Dade Angga yang datang menggunakan mobil Toyota Land Cruiser N 999 DA masuk ke ruang Kajari didampingi wakilnya, Addy Paripurna, serta sejumlah anggota tim pemenangan Pilkada pasangan DaDi. ”Jika dalam pemerintahan yang saya pimpin kelak melakukan praktik KKN, maka saya tegaskan mulai sekarang bahwa kami siap untuk diproses secara hukum,” tandasnya sesaat sebelum menyerahkan surat pernyataan sikap tersebut kepada Kasi Pidum Sucipto.

Sayangnya, dalam surat pernyataan tersebut Dade sama sekali tidak menjelaskan secara terperinci mengenai komitmennya dalam menegakkanpemerintahan yang bersih dan bebas KKN. Pasangan DaDi hanya menyatakan bahwa pemerintahannya (jika terpilih) akan melaksanakan fungsi dan kewajiban secara proporsional dan profesional serta tidak akan melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Komitmen tersebut sama sekali tidak menjelaskan bagaimana konsep pemerintahan yang bersih dan terbebas dari KKN bakal diterapkan. ”Saya akan membuka pintu seluas-luasnya kepada aparat penegak hukum untuk memberantas segala bentuk tindak pidana korupsi dan sebagainya.Komitmen politik saya dengan masyarakat adalah menciptakan pemerintahan yang bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme,” ujar DaDi saat keluar dari Gedung Kejari Pasuruan.

Di luar gedung kejaksaan, ribuan massa pendukung DaDi yang melakukan konvoi terbuka ke seluruh kecamatan se-Pasuruan itu tampak sabar menunggu di tengah jalan.Merekabarubergerakkembalisetelah calon bupati yang didukung PDIP dan aliansi partai islam-nasionalis (Perisai) ini masuk ke mobil yang telah menunggu di pintu gerbang.

Arak-arakan terus terlihat hingga akhir massa kampanye yang dipusatkan di Lapangan Warungdowo, Kecamatan Pohjentrek, serta Pasar Purwodadi, Kecamatan Purwodadi. (destian soejarwoko)

ARSIP NASKAH