BERSIAP MENJEMPUT KEMENANGAN DI PEMILU 2014

Jumat, 27 Juni 2008

Aleg PKS : Kaji Ulang Semua Aset Pemkot

Eks Gedung Siola Disewakan Lagi
Friday, 27 June 2008

SURABAYA (SINDO) – Bangunan bekas pertokoan Siola di Jalan Tunjungan kembali disewakan. Langkah ini diambil setelah masa kontrak Pemkot Surabaya dengan penyewa lama habis.

Menurut Asisten III Sekretariat Daerah (Setda) Kota Surabaya M Fadil, Pemkot tidak ingin aset lahan dan bangunan tersebut rusak. Apalagi konstruksi Siola merupakan benda cagar budaya.Selain itu,cara ini juga tepat untuk mengambil keuntungan bagi kas daerah. Fadil mengatakan, saat ini sudah ada dua investor yang mengajukan permohonan.

Namun, Pemkot masih menegosiasikan besaran harga sewa. Pemkot masih berpatokan pada harga sewa sebelumnya, yaitu Rp648 juta per tahun.Namun, ini juga masih akan disesuaikan dengan nilai jual objek pajak (NJOP) yang berlaku saat ini. “Siapa pun berhak menyewa tempat itu (Siola),termasuk dua investor yang sudah menyatakan kesediaannya,’’ katanya.

Anggota Komisi A DPRD Kota Surabaya Ahmad Suyanto mengatakan, Pemkot memang berhak memanfaatkan aset bangunan eks Siola tersebut. Hanya, Pemkot perlu menimbang matang supaya tidak merugikan Kota Surabaya. Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengatakan, lebih bagus jika dilakukan pengelolaan bersama dengan investor, dengan sistem penyertaan modal.

Sebab, dengan sistem tersebut Pemkot tetap tidak kehilangan asetnya. Sebaliknya, justru mendapat keuntungan dari bagi hasil keuntungan (sisa hasil usaha) setiap tahunnya. ”Sekali lagi,Pemkot harus mengkaji kembali rencana ini,’’ ujarnya. (ihya’ ulumuddin)

ARSIP NASKAH