BERSIAP MENJEMPUT KEMENANGAN DI PEMILU 2014

Selasa, 10 Juni 2008

PILKADA JATIM : Pengamat : PKS Mesin Efektif Pemenangan Soekarwo

SURABAYA Okezone.com- Jelang pemilihan gubernur Jatim, partai-partai ramai-ramai lebih memilih kampanye door to door. Kampanye seperti ini dinilai sangat tepat dan efektif untuk menyentuh para pemilihnya, dibandingkan dengan pengerahan massa.

"Karena ternyata mesin yang dimiliki oleh partai, ternyata tidak memberikan kontribusi tinggi. Tapi bukan berarti tidak itu tidak penting. Karena ternyata mobilisasi oleh mesin partai hanya memberikan kontribusi sekitar 20 persen dari jumlah perolehan suara," ujar dosen Ilmu Politik Fisip Universitas Airlangga, Surabaya, Selasa (10/6/2008).

Menurut Hariyadi, yang terpenting untuk memenangkan pasangan calon gubernur, yakni bagaimana mengemas figur. Mengenalkan figur sebenarnya tidak cukup lewat kampanye dengan menggunakan mesin partai, tapi datang sendiri atau menggunakan personal guarantee.

"Kalau pun ada partai, paling hanya digunakan sebagai kendaraan awal. Kecuali beberapa partai tertentu seperti PKS yang mempunyai kemampuan untuk memobilisasi dukungan," kata Hariyadi.

Hariyadi kemudian mencontohkan pencalonan Soekarwo, yang formalnya diusung oleh Partai Demokrat dan PAN.

"Partai Demokrat tak lebih sebagai papan nama karena tidak melakukan apa-apa. PAN di sana-sini fragmented. Sedangkan yang nonformal PKS, sangat intensif sekali," pungkasnya.(hri)

ARSIP NASKAH