BERSIAP MENJEMPUT KEMENANGAN DI PEMILU 2014

Kamis, 05 Juni 2008

PILKADA JATIM : Peta Persaingan Calon

Salam : KarSa Pesaing Berat, Semua Tim Bidik grassroot
Wednesday, 04 June 2008
SURABAYA - SURYA-Pasangan cagub -cawagub Soenarjo - KH Ali Maschan Moesa (Salam) menganggap pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) sebagai pesaing terkuat dalam pertarungan Pilgub Jatim mendatang. Karenanya, Tim Pemenangan Salam tak akan diam menghadapi gencarnya sosialisasi yang dilakukan Tim KarSa.
Selain lebih meningkatkan kinerja mesin politik Partai Golkar dan NU, pasangan Salam juga mengaktifkan relawan-relawan di daerah-daerah. “Hasil survei menunjukkan demikian, KarSa adalah pesaing utama kami,” ujar Ali Maschan Moesa, dalam Rapat Koordinasi Pemenangan Salam di kantor DPD Partai Golkar, Jl A Yani Surabaya, Selasa (3/6).

Menurut Ali, untuk mewaspadai gerakan KarSa ini, pihaknya lebih meningkatkan frekuensi komunikasi dengan masyarakat. “Kami sekarang fokus menggarap kalangan bawah. Kalau saya dengan berkeliling terus untuk pengajian. Pak Narjo dengan wayangan,” katanya.

Pemantapan untuk menggarap pemilih kalangan bawah ini dilakukan, karena Tim Pemenangan Salam sudah menggarap kalangan menengah jauh-jauh hari. “Kami masih punya waktu 49 hari, karena itu harus ada pengembangan dan kerja keras semua elemen,” ujarnya.

Dalam kesempatan sama, cagub Soenarjo menampik bila popularitasnya mulai menurun, meski dari beberapa hasil survei posisinya masih di atas. “Saya nggak yakin itu, tapi memang tak boleh sembrono. Saya tetap optimistis. Itu sebagai pemicu bagi saya dan Pak Ali untuk lebih meningkatkan kinerja,” elaknya.

Pasangan KarSa sendiri juga mengakui, pasangan Salam bukan lawan yang ringan. Demikian pula dengan empat pasangan lainnya, Sutjipto-Ridwan Hisjam (SR), Khofifah-Mudjiono (KaJi), dan Achmady-Suhartono (Achsan). “Kami memandang semua pasangan lawan sama-sama kuat.

Karena itu, kami tidak akan gegabah dan terus memantau pergerakan mereka,” ujar Gus Ipul, saat berkunjung ke RedaksI Surya dengan pasangannya, Soekarwo.

Senada dengan Salam, Tim Pemenangan PKS juga berniat menggarap pemilih bawah untuk mendongkrak perolehan suara pasangan KarSa. Korwil Jatim dan Bali DPP PKS, Sigit Sosiantomo mengatakan, untuk menyukseskan target itu, pihaknya bakal mempertemukan KarSa dengan para kader PKS. Rencana ini akan dibarengkan dengan Milad PKS yang digelar 8 Juni 2008 di Gelora Pantjasila Surabaya.

“Milad PKS yang sekalian mengundang pasangan KarSa, untuk lebih menyosialisasikan di kalangan kader, agar kader bisa segera running memasarkan KarSa,” ujarnya.

Demikian juga kubu Sutjipto-Ridwan (SR). Mereka mengaku terus sosialisasi. Mereka tidak percaya dengan hasil survei yang menyatakan dukungan untuk pasangan SR menurun.

“Kami tidak percaya hasil survei. Tim kami bekerja semaksimal mungkin untuk turun ke masyarakat langsung. Di Jabar dan Pasuruan, pemimpin yang terpilih awalnya malah tak diunggulkan,” ujar Saleh Ismail Mukadar, Ketua Tim Pemenangan SR. bet/k6

ARSIP NASKAH