BERSIAP MENJEMPUT KEMENANGAN DI PEMILU 2014

Jumat, 07 Desember 2007

Konstelasi Pilkada Kota Malang

MALANG (SINDO) – Konstelasi politik menyongsong Pilkada Kota Malang 2008 terus menghangat. Biarpun masih dihelat tahun depan,partai-partai politik di kota dingin ini serasa tidak mau ketinggalan kereta.

Perkembangan teranyar,PKB yang sebelumnya tegas mengincar posisi wali kota atau N 1, ternyata telah menyiapkan skenario kedua.Partai yang lahir dari rahim ormas terbesar di Indonesia ini mengaku rela menempatkan calonnya sebagai calon wakil wali kota atau N 2. Skenario itu kemarin dibeber Fathol Arifin, Ketua DPC PKB PKB yang digadang-gadang sebagai calon wali kota, sekaligus calon wakil wali kota (cawawali). “Sekarang ini, hampir semua parpol mengajukan nama cawali.

Bahkan, dalam setiap penjaringan di internal parpol, pasti akan mencari sosok yang siap dijadikan sebagai cawali karena setiap parpol ingin mencapai target tertinggi dalam pilkada ini,”ujar Fathol,kemarin. Kendati begitu,dia menyatakan siap berada di posisi N 2, apabila partainya bisa berkoalisi dengan PDIP yang telah mengusulkan nama Peni Suparto sebagai kandidat cawali.Fathol mengatakan,pihaknya rela berposisi menjadi orang kedua.Sebab, berdasarkan hasil Pemilu 2004 silam, posisi perolehan suara PKB di Kota Malang masih berada di bawah PDIP.

Pernyataan kader partai berlambang bola dunia ini dapat disebut sebagai langkah penuh strategi. Betapa tidak,mayoritas parpol besar kini memang sedang mengincar tahta Wali Kota Malang. Sebut saja PDIP yang sejak jauh-jauh hari sudah menetapkan calon incumbent Peni Suparto menjadi cawali. Seakan tidak mau ketinggalan,Pohon Beringin mencalonkan Ketua DPD Aries Pujangkoro untuk merebut posisi paling terhormat itu. Bahkan, PKS Kota Malang yang hanya memiliki lima wakil di DPRD juga sudah berancangancang mengajukan nama untuk merebut posisi kursi Wali Kota Malang periode 2008–2013.

Siapa dia, partai Islam ini mengaku terus menggodoknya.Andaikan saja saat ini tidak terhadang permasalahan internal, barangkali Partai Demokrat juga sudah mendeklarasikan cawalinya. Barangkali yang memilih bermain save adalah PAN yang hanya mengincar posisi N 2.PAN menggadang-gadang Ketua DPC Mohan Katelu untuk bersaing dalam bursa demokrasi tersebut, berpasangan dengan Partai Golkar. Biarpun terhitung masih relatif lama,aksi para calon itu untuk memopulerkan dirinya terhitung agresif. Yang paling nekat adalah tersebarnya poster pasangan Aries Pujangkoro dan Mohan Katelu di berbagai sudut Kota Malang, sebagai cawali dan cawawali Kota Malang periode 2008–- 2013.

Padahal, tahapan pilkada saja belum dijadwalkan. Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Malang Sofyan Edy Jarwoko menyatakan,hal tersebut sebagai reaksi murni masyarakat Kota Malang. Dia mensinyalir, pilkada mendatang bakal berjalan sangat alot, terutama dalam penentuan koalisi antarparpol. Pasalnya, masing-masing parpol akan mengajukan dan menyiapkan nama kandidat sebagai cawali, bukannya menyiapkan nama kandidat cawawali. Menurut Ahmad Azhar Moslem, yang namanya masuk dalam bursa cawali dari PKS tersebut, posisi cawawali tetap menjadi posisi sentral yang sangat penting dan nilainya sangat tinggi. (yuswantoro)

sumber : seputar-indonesia.com, 7 Desember 2007
url : http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/jawa-timur/pkb-juga-siapkan-cawawali.html

ARSIP NASKAH