BERSIAP MENJEMPUT KEMENANGAN DI PEMILU 2014

Senin, 17 Desember 2007

PKS Jatim Diskusikan Kekerasan terhadap Perempuan (1)

Diskusi Kekerasan Terhadap Perempuan

Surabaya - Surabaya Post
Konjen AS di Surabaya, Carryn Mc Cllelan, menyatakan, kekerasan terhadap perempuan bukan hal baru di Amerika Serikat. Sejak abad 16 pemerintah kolonial telah membuat peraturan, barang siapa memukul wanita bersuami akan mendapat hukuman cambuk atau diusir dari gereja.

“Sejak dulu pemerintah Amerika sudah mengantisipasi kekerasan dalam rumah tangga. Tetapi pada dekade 1960-1970-an peraturan yang menghukum laki-laki jika melakukan kekerasan terhadap perempuan, tidak seluruhnya dijalankan. Pertimbangannya, khawatir keluarga yang suaminya dipenjara jatuh miskin,” katanya dalam sarasehan perempuan Hentikan Kekerasan dengan Pemberdayaan Perempuan yang digelar Partai Keadilan Sejahtera, di Hotel Simpang, Minggu (16/12).

Alasan itu pula yang membuat pemerintah Amerika setengah hati menjalankan peraturan tersebut. Bahkan dalam perkembangan terakhir, urusan rumah tangga dianggap urusan pribadi seseorang. Akibatnya pemerintah sedikit kesulitan menangani bila terjadi masalah kekerasan dalam rumah tangga.

Sementara menurut, Ketua Departemen Kajian Wanita DPP PKS, Eko Yunianti, masalah perempuan sangat penting dibahas. Ini dilakukan agar tidak terulang kembali masalah kekerasan seperti yang terjadi pada Nila. (tqi)

sumber : Surabayapost.info, Senin 16/12/2007 12:54:19

ARSIP NASKAH