BERSIAP MENJEMPUT KEMENANGAN DI PEMILU 2014

Kamis, 27 Desember 2007

PKS Jatim dan Hari Ibu (5)

Maknai Momentum Hari Ibu,Sadarkan Bahaya Narkoba
Sunday, 23 December 2007

Memaknai momentum hari Ibu, Bidang Kewanitaan PKS Jawa Timur melalui Pos Wanita Keadilan (PWK) menggelar secara serentak penyuluhan Narkoba untuk Sadarkan para ibu tentang Bahaya Narkoba, penyuluhan kesehatan ibu dan anak, dan layanan kesehatan untuk para ibu dan anak diseluruh PWK yang tersebar di Jawa Timur pada tanggal 23 Desember. “Pihaknya menggulirkan kegiatan untuk kaum Ibu dengan tajuk Ibu Sehat, Keluarga Sehat, Bangsa Kuat,” demikian ujar Karuniawati, Ketua Bidang Kewanitaan DPW PKS Jawa Timur.

“BERBICARA tentang kualitas kesehatan masyarakat Indonesia khususnya para ibu, harus diakui bahwa kondisinya masih memprihatinkan. Dari hasil survei Indeks Pembangunan Manusia (Human Development Index/HDI) yang dikeluarkan oleh Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP), saat ini (2002) kondisi kesehatan masyarakat Indonesia berada di peringkat 110 dari 173 negara, terendah di Asia Pasifik. Peringkat ini lebih buruk dari tahun-tahun sebelumnya yaitu 104 (1995), 105 (1999), 109 dari 174 negara (2000), 102 dari 162 negara (2001),” ujar Karuniawati,

“Lebih mengkhawatirkan, buruknya kondisi kesehatan ini masih diperparah dengan kian
maraknya napza (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif). Harapannya pada momentum hari Ibu ini, orang menjadi ingat bahwa tugas untuk memberdayakan keluarga adalah peran yang sangat penting. Bahwa sesungguhnya keluargalah, 'senjata ampuh' untuk memerangi merebaknya napza,” lanjut Karuniawati.

”Hanya keluarga yang mempunyai ketahananlah, bahagia dan sehat, yang mampu mengeliminasi kemungkinan anggota keluarganya (terutama anaknya) untuk tidak terjebak napza. Namun pihaknya juga menghimbau bahwa peran suami sebagai bapak memegang peranan sangat penting. Oleh karenanya dalam momentum hari ibu ini, pihaknya juga melibatkan para bapak didalamnya,” ujar Karuniawati.

”Melalui Pos Wanita Keadilan (PWK), pihaknya berupaya untuk turut serta memberikan pencerahan tentang pentingnya pemberdayaan seorang ibu dalam keluarga. Juga bagaimana para bapak bisa memberikan dukungan dan menghargai peran istri sebagai seorang ibu apapun aktivitasnya,” ujar Karuniawati.

”Di Surabaya, Kegiatan Pos Wanita Keadilan akan diadakan di 9 Titik Kecamatan dengan pusat kegiatan di Pendopo Kelurahan Karang Pilang. Rencananya akan digelar Lomba Masak untuk Para Bapak, Penyuluhan Bahaya Narkoba untuk para Ibu, dan ekspresi Cinta untuk para anak kepada Ibunya,” pungkas Karuniawati

ARSIP NASKAH