BERSIAP MENJEMPUT KEMENANGAN DI PEMILU 2014

Selasa, 01 Januari 2008

Kiprah P2B PKS Bojonegoro dalam Bencana Banjir (1)

Ribuan Warga Masih Terisolir

Posted at 7:55 am under Bencana Alam

Ribuan warga Bojonegoro yang menjadi korban banjir di beberapa desa di Kecamatan Kanor hingga siang kemarin (31/12) masih terjebak di desanya masing-masing. Selain karena ketinggian air rata-rata di atas 1,5 meter. Mereka tidak dapat meninggalkan rumahnya disebabkan belum adanya tim evakuasi yang datang di desa setempat.

Di Desa Kedungprimpen misalnya, desa dengan jumlah penduduk lebih dari 2 ribu jiwa itu mayoritas warganya masih tertahan di rumah masing-masing. Hanya, beberapa pria dewasa yang nekat keluar dari desa untuk mencari bantuan.

“Kami keluar desa dengan berenang dan akhirnya menumpang perahu warga desa tetangga. Jika tidak, bisa jadi kami akan terisolir lebih lama,” kata Slamet, 27, salah satu warga Desa Kedungplumpang kepada Radar Bojonegoro kemarin (31/12).

Dia mengatakan, sejak menginjakkan kaki di “daratan”, dia sudah berusaha mencari bantuan agar ada tim evakuasi yang datang ke desanya. Namun, diperkirakan karena keterbatasan perahu usahanya belum membuahkan hasil hingga Senin siang kemarin.

“Meskipun ada, kadang perahu tersebut digunakan untuk evakuasi warga yang ada di desa lain. Padahal, desa kami terhitung yang paling parah, karena berada paling jauh dari tempat aman,” ujarnya.

Sementara itu, saat Radar Bojonegoro bersama tim evakuasi P2B DPD PKS Bojonegoro mendatangi desa setempat kemarin siang. Puluhan warga berteriak memita agar didahulukan untuk dievakuasi.

Bahkan, puluhan warga tersebut langsung menyerbu ketika perahu karet yang digunakan untuk evakuasi merapat ke salah satu rumah warga. Mereka juga saling berebut makanan saat salah satu relawan mengeluarkan tas plastik berisi nasi bungkus.

Selain desa Kedungprimpen, puluhan warga di beberapa desa lain juga masih terisolir di desanya. Beberapa desa itu antara lain Desa Kedungarum, Pilang, dan Semambung.

Sementara itu, ribuan warga yang menjadi korban banjir kemarin mengungsi di posko pengunsian di Balai Desa Simorejo. Sebagian lainnya bertahan di masjid serta ada juga yang emilih untuk tinggal di rumah sanak keluarganya di Sumberrejo dan sekitarnya. (Sumber : Koran Jawapos, Radar Bojonegoro)

sumber : bojonegoro.info, 1 Januari 2008

ARSIP NASKAH