BERSIAP MENJEMPUT KEMENANGAN DI PEMILU 2014

Selasa, 08 Januari 2008

PKS Tuban Bentuk Traumatik Care bagi Korban Banjir

Senin, 07 Jan 2008
Paling Sedih Terpisah dengan Kelurga

Keluhan Pengungsi dalam Traumatik Care
TUBAN-Untuk memulihkan kondisi psikologis para korban banjir, Sartika Tuban kemarin (6/1) menggelar trauma care semacam recovery (pemulihan) mental pengungsi di Balai Desa Widang yang dijadikan salah satu tempat penampungan pengungsian.

Target pemulihan mental oleh organisasi kepanduan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Tuban ini adalah wanita dan anak-anak. Pada sesi curhat yang diikuti sekitar 300 wanita dan ibu-ibu, para pengungsi mengeluh terpisah dengan keluarganya yang diungsikan di pangkalan truk (cargo) Compreng. "Kami sedih terpisah dengan keluarga yang diungsikan di sana," kata Siti salah satu korban banjir. Keluhan lain yang disampaikan pengungsi adalah tak memiliki pakaian ganti. Sebagian mengaku hanya membawa pakaian yang dikenakan.

Setelah menampung keluhan para korban banjir, para relawan yang dekat dengan pengungsi mencoba memberikan pemecahan. "Kalau memang ibu mau kumpul dengan keluarga di sana, nanti akan kita upayakan untuk mengangkut ke sana," ujar salah satu relawan.

Saat curhat berlangsung, relawan lain menghibur anak-anak korban banjir dengan mengajaknya bermain. Antara lain lomba tiup balon, bernyanyi, dan lomba bercerita. Aneka lomba ini setidaknya bisa melepas duka sesaat para anak korban banjir. Selama permainan digelar, mereka tertawa penuh riang.

Ketua DPD PKS Tuban, Hanif Prawoto menyatakan, kegiatan semacam ini tak kalah pentingnya selain bantuan bahan makanan. "Dalam trauma care ini kita mencoba menyebutuhkan kondisi psikologis dengan memberikan semangat kepada anak-anak dan wanita korban banjir," kata dia. Selain trauma care, para relawan juga membagikan baju pantas pakai, susu, snack dan makan siang hasil pengumpulan dana kader, simpatisan dan masyarakat yang mempercayakan bantuannya kepada Pos Penanggulangan Bencana (P2B) PKS Tuban.(ds)

Sumber : indopos.co.id

ARSIP NASKAH