BERSIAP MENJEMPUT KEMENANGAN DI PEMILU 2014

Senin, 14 Januari 2008

PKS Pertimbangkan akan Usung pangdam V Brawijaya sebagai Cagub Jatim

Banyak Calon Makin Baik

Soenarjo Tak Khawatirkan Pangdam–Ipul

SURABAYA – Majunya Pangdam V brawijaya Mayjend Bambang Suranto berdampingan dengan ketua GP Ansor Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) ke kancah Pilgub Jatim 2008 kian mendapat respon. Kemarin petinggi DPD Partai golkar Jatim Soenarjo mulai buka suara soal wacana pencalonan mereka.

Pencalonan Pangdam dan ketua GP Ansor memang layak mendapat perhatian Soenarjo. Bukan hanya karena ketenaran Syaiful telah masuk dalam bursa calon wakil pendampingnya, namun juga terkait kecenderungan masyarakat saat ini yang lebih percaya untuk memilih wajah-wajah baru sebagai orang nomor satu diadaerahnya.

Hal ini bisa dilihat dalam kancah Pilkada disejumlah daerah, semisal Bojonegoro maupun Sampang tak lama ini. “Hasilnya ada kecenderungan wajah-wajah baru ini yang sekarang diinginkan masyakarat,” ungkap pengamat Politik Unair Hariadi.

Tak heran jika keduanya kemudian diam-diam menjadi perhatian ‘khusus’ Soenarjo meski diketahui secara jelas masih dalam wacana. Perhatian Narjo itu tampak dari pernyataannya saat ditemui sejumlah wartawan dikantor Gubernur Jatim sore kemarin. Kala itu Narjo baru saja turun dari ruangannya dan berniat masuk mobil untuk pergi keluar ke Madiun.

Soenarjo yang ‘ditodong’ pertanyaan seputar wacana keikutsertaan Pangdam V Brawijaya awalnya tak mau berkomentar,” Ah biar saja, itu di luar wewenang saya,” katanya mencoba mengelak.

Namun saat didesak bahwa wacana pencalonan Pangdam itu akan menggandeng gus Ipul, yang nota bene merupakan salah satu kandidat cawagub dalam bursa Partai Golkar, barulah Narjo mau angkat bicara. Ia mengatakan pencalonan Pangdam beserta Gus Ipul itu tak menjadi persoalan bagi partai Golkar. Berdalih soal Demokrasi, dalang kondang itu menjelaskan, Pilgub Jatim akan semakin menarik jika diikuti oleh banyak calon. “Makin banyak calon kan makin bagus,” tuturnya.

Ia juga mengelak jika Pangdam akan menjadi pesaing berat kesempatan Golkar untuk menjatuhkan pinangan terhadap Gus Ipul. “Biar saja, kalau memang mau meminang gus Ipul ya silahkan, itu boleh-boleh saja kok,” katanya sambil menambahkan ada kemuingkinan besar ia akan memilih Ali Maschan sebagai pendampingnya.

Terpisah, Ketua DPW PKS Jatim Ja’far Tri Kuswahyono, mengatakan, PKS Jatim akan secepatnya menjalin komunikasi politik dengan pangdam V Brawijaya itu. Ini dilakukan karena survei yang digelar PKS belum sempat mencantumkan nama Pangdam, padahal dijadwalkan akhir Januari mendatang hasil survei sudah dikirimkan ke Jakarta.

Meski demikian PKS tak menutup pintu untuk memasukkan nama Pangdam sebagai calon Gubernur yang didukungnya. Tentu saja jika dalam komunikasi poltik tersebut mampu terjalin kecocokan antara keduanya. “Senin besok, kita dijadwalkan bertemu Pangdam,” imbuh M Siroj, anggota tim Pilkada PKS Jatim sebelum rapat pengurus DPW kemarin.

Siroj mengatakan, agenda yang akan dibicarakan dengan Pangdam itu bermacam-macam. Mulai dari masalah stabilitas Jawa Timur hingga tak menutup kemungkinan masalah politik dan pilgub. “Termasuk soal rencana Pangdam maju cagub akan kita pertanyakan,” tandas anggota DPRD Jatim ini. Bila hal itu dibenarkan Pangdam, kemungkinan besar PKS akan melakukan pengkajian mendalam. Sehingga tidak menutup kemungkinan PKS akan beralih mendukung Pangdam. “Itupun tergantung koalisi dengan siapa PKS nanti,” jelasnya. Sebab kabnat yang beredar, Pangdam bakal diusung melalui partai Demokrat. Yang diketahui digadang-gadang bakal berkoalisi dengan PKS.

Sebelumnya, koalisi baru terjalin anatara PD dan PAN. Mengingat Pangdam akan berpasangan dengan cawagub dari PAN yang mencalonkan Gus Ipul (Saifullah Yusuf). (arf/rko)

suumber : surabayasore.com,12 January 2008

ARSIP NASKAH