BERSIAP MENJEMPUT KEMENANGAN DI PEMILU 2014

Senin, 28 Januari 2008

PKS Pertimbangkan Usung Soekarwo

Senin, 28/01/2008 11:45 WIB

Elektabilitas Tertinggi, PKS Siap Usung Soekarwo
Reporter : Nani Mashita

Surabaya - Meski terjungkal dari PDIP, nama Soekarwo masih diminati oleh parpol-parpo. Setelah PAN merekomendasikan nama Soekarwo-Syaifullah Yusuf, kini giliran PKS yang siap untuk mengusung nama Sekdaprop Jatim itu.

Dalam survey yang digelar oleh PKS, dua nama yaitu Soenarjo masih memimpin sebagai figur yang dikenal masyarakat. "Tapi untuk tingkat elektabilitas atau dipilih oleh pemilih, nama Pak Karwo lebih tinggi ketimbang Soenarjo," tutur Ketua Tim Pilgub PKS Jatim Muhammad Siroj dihubungi beritajatim.com, Senin (28/1/2008).

Hal ini terungkap pada rapat PKS yang digelar tadi malam yang mana nama Soenarjo mendapat peringkat pertama dengan 28 persen. Sedangkan Soekarwo dikenal oleh 23 persen masyarakat Jawa Timur.

Namun, tingkat elektabilitas Soenarjo hanya 17,8 persen, sedangkan Soekarwo lebih stabil dan akan dipilih oleh 21,7 persen pemilih yang mengenalnya.

"Dikenal kan bukan berarti dipilih. Ini memang aneh tapi dikenal tidak harus dicoblos. Disini terlihat bahwa peluang Karwo lebih kuat dipilih ketimbang Pak Narjo," tuturnya.

Dengan kondisi semacam ini, Siroj mengakui pihaknya memiliki kecenderungan untuk memilih Soekarwo. Tingginya elektabilitas Soekarwo juga diperkirakan jadi pertimbangan utama DPP untuk memutus memberi rekomendasi.

Apakah berarti PKS siap merapat ke koalisi PAN-PPP? Siroj tidak menampiknya. Apalagi PKS sempat menggagas koalisi pelangi yang terdiri dari partai-partai yang punya suara kecil dalam perolehan suara seperti PAN, PPP, PKS dan Partai Demokrat.

"Saya kira gagasan ini bisa digulirkan kembali karena ini adalah suatu koalisi besar asal cukup relevan dengan keinginan PKS," katanya.[sit]

sumber : beritajatim, 28 januari 2008

ARSIP NASKAH