BERSIAP MENJEMPUT KEMENANGAN DI PEMILU 2014

Rabu, 02 Januari 2008

Situasi Mengharukan P2B PKS Peduli Banjir di Bojonegoro

Banjir r Bojonegoro:Bantuan Tidak Merata, Butuh Perahu Karet Untuk Distribusi Logistik

02 January 2008
“Sejak Sabtu (29/12) pagi air mulai masuk kalitidu, purwosari, trucuk, dan Malo. Ketinggian air mencapai 1 – 3 Meter,” Ujar Joko Erwanto, Humas DPD PKS Bojonegoro. Akibat tanggul yang dijebol oleh warga, akhirnya 90% kota terendam air kecuali daerah alun-alun dan sekitarnya. Rumah saya, rumah ketua DPD juga ikut terendam,” lanjut Joko.
“Air mulai surut hari Selasa, Namun surutnya itu mengalir ke jalan-jalan yang lebih rendah sehingga di daerah kota masih terlihat genangan-genangan air yang cukup tinggi. Sampai Hari Rabu (2/1) pagi, Jl.Panglima Sudirman, Jl. Pemuda, Jl. Diponegoro, Jl. Rajawali, Jl. Mohammad Thamrin masih terendam air,” Kata Joko.

“Saat ini disekitar kota sudah banyak Posko bantuan yang berdiri namun belum ada yang memecahkan persoalan bagaimana agar bantuan logistic bisa terdistribusi secara merata. Cara pemerintah dengan menggunakan helikopter dinilai tidak efektif. Sedangkan perahu kareta yang idnilai layak jumlahnya cukup terbatas,” lanjut Joko.

“P2B PKS Bojonegoro sendiri sejak hari Sabtu telah turun kelapangan untuk turut membantu warga yang kesusahan. Kerja relawan P2B PKS Bojonegoro dibantu oleh 50 orang relawan yang dikirim oleh P2b PKS Jawa Timur berasal dari Gresik, Surabaya, Mojokerto, Sidoarjo dan
Malang,” ujar Joko. “Para relawan tersebut bertugas melakukan evakuasi, mendistribusikan bantuan logistik dan membuka dapur umum,” ujarnya.

“Para relawan melakukan evakuasi dengan menggunakan perahu karet. Proses evakuasi cukup sulit dikarenakan warga yang sulit untuk dievakuasi. Sebagiannya tidak mau dievakuasi. Selain itu arus yang deras juga cukup menghambat. Awalnya kita menggunakan perahu yang mengunakan dayung tapi ternyata tidak bisa sampai ke lokasi, akhirnya kita ganti dengan perahu karet itu,” lanjutnya..

“P2B PKS Bojonegoro mendirikan 2 Posko utama dan 10 posko pembantu. Posko utama berada di Kantor DPD yang berada ditengah kota dan di kantor radar Bojonegoro. Posko utama yang berada dikantor DPD berfungsi untuk membantu warga kota yang terisolir. Sedangkan Posko utama yang berada dikantor radar berfungsi untuk mengkordinasikan para relawan, tempat penyimpanan bantuan logistic, serta dapur umum,” kata Joko.

“Sedangkan Posko pembantu berfungsi sebagai dapur umum sekaligus sebagai tempat penyaluran bantuan kepada para pengungsi. Posko itu berada di Pagangan, Purwosari, trucuk, Kota, Kalitidu, Malo, Kanor, baureno, Sumberejo, dan Balen,” lanjutnya.

“Kondisi pengungsi mulai terserang Gatal-gatal, Flu, Diare. Hal ini terdeteksi dari layanan kesehatan keliling yang dilakukan oleh relawan dokter P2B PKS. Cukup banyak bayi yang mengalami diare dikarenakan suhu udara dan susu yang tidak cocok,” kata Joko. “Yang dibutuhkan saat ini adalah bahan makanan untuk dimasak menjadi makanan siap saji, perahu karet untuk mendistribusikan bantuan, dan obat-obatan,” pungkasnya.

ARSIP NASKAH