BERSIAP MENJEMPUT KEMENANGAN DI PEMILU 2014

Kamis, 31 Januari 2008

Nursanita Nasiotion Bicara Tentang Pemberdayaan Perempuan di Mukernas

Nursanita Nasution: Pentingnya Pemberdayaan Sektor Informal
Posted on January 31, 2008

Selesai acara Diskusi Terbuka Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Sektor Informal, tim media center Mukernas PKS berhasil mewancarai Dr. Nursanita Nasution, SE, ME. Nursanita nampak cakap berbicara tentang upaya pemberdayaan pada kaum perempuan. Berikut petikan wawancara dengan Dr. Nursanita Nasution, SE, ME.

1. Bagaimana pendapat ibu mengenai peluang pemberdayaan perempuan pada sector ekonomi informal ?

Sebenarnya bukan peluang, tapi tuntutan kebutuhan. Kita tahu bahwa jumlah perempuan lebih banyak dan perempuan itu lebih kreatif. Perempuan banyak melakukan hal dan 90 % untuk keluarganya. Jadi, pemberdayaan perempuan pada sector informal ini sangat diperlukan mengingat hal ini sebetulnya bukan peluang melainkan tuntutan kehidupan.

2. Adakah jaminan Negara terhadap hak ekonomi perempuan ?

Sebetulnya ada, cuma faktanya yang bisa mengakses laki-laki. Karena kultur kita adalah paternalistic yaitu laki-laki lebih dari perempuan. Kebanyakan usaha masyarakat kita adalah usaha mikro, yang mana usaha ini sering mendapat ketidakadilan, misalnya digusur. Jadi harus ada undang-undang yang jelas untuk melindungi usaha mikro ini. Menurut saya usaha mikro dan makro harus dipisah agar tidak merugikan usaha mikro, misalnya : di suatu tempat ada pasar, tiba-tiba ditempat itu pula berdiri supermarket sehingga orang tidak mau lagi pergi ke pasar dan lebih memilih ke supermarket karena mungkin tempatnya lebih nyaman dan bersih daripada di pasar. Jadi, dalam hal ini Negara harus mempunyai undang-undang yang jelas untuk melindungi usaha mikro.

3. Bagaimana kiprah perempuan di lembaga legislative sebagai implementasi 30% wanita di parlemen?

sekarang ini baru ada 11% perempuan di legislative. Dan 30% perempuan di legislative itu harus dipenuhi karena perempuan juga punya kapasitas. Tapi syaratnya harus punya kualifikasi dan harus dibangun network. (akh)

sumber : pksbali.org

ARSIP NASKAH